Selasa, 01 April 2014

Perkembangan Lenovo Mobile Phone


Lenovo telah membangun bisnis telepon seluler yang solid di China dan mencapai posisi nomor dua dalam hanya waktu 18 bulan. Melalui Research and Development Centre di Yamato (Jepang), Beijing, Shanghai, Shenzhen (China) dan Raleigh, North Carolina (US), Lenovo telah berhasil memposisikan dirinya tidak saja sebagai pemain telpon selular di China, tetapi juga di dunia. Indonesia adalah negara beruntung selain Filipina, India, Rusia yang turut menikmati smartphone canggih dari Lenovo dengan harga terjangkau. Di Indonesia, Trikomsel adalah partner Lenovo secara Exclusive – dimana posisi Exclusive sangatlah penting dan boleh dibilang kita adalah “Lenovo Indonesia” nya untuk bisnis telepon seluler Lenovo.

Mengapa Lenovo Smartphone Di Identifikan Sebagai Best Value Smartphone?

Produk smartphone terbaik bukan hanya diukur oleh kecanggihan Hardware ataupun Software yang dibenamkan dalam perangkat tersebut. Perangkat dengan Hardware yang canggih tentu akan memanjakan indera kita karena memiliki performa terbaik, sangat nyaman dilihat atau didengarkan dan banyak lagi. Begitu pula memiliki perangkat denganSoftware canggih tentu akan membantu kita melakukan aktivitas mobilitas secara optimum dan efiesien. Kombinasi keduanya sudah pasti membuat suatu produk menjadi sangat atraktif dan menggiurkan. Akan tetapi, bagaimana jika produk tersebut diluar kemampuan kantong kita? Akankah produk tersebut lebih tepat menjadi Produk Impian daripada produk yang best value for money? Best value smartphone haruslah memiliki kecanggihan dari sisi Hardware, dan yang terpenting harus dengan harga terjangkau. Suatu contoh melalui uji coba kecil yang saya lakukan memakai Lenovo K860 dan software pengukuran performa telepon selular namanya Antutu Benchmark. Seperti dilihat digambar, “My Device” adalah device Lenovo K860 yang di uji coba dan dibawahnya hasil dari produk-produk lain. Yang mana kira-kira Best Value smartphone antara smartphone dengan performa lebih rendah dan harga Rp 6,999 juta atau “My Device” Lenovo K860 dengan harga Rp. 4 jutaan?

5 Lenovo Best Value Smartphone Dalam 4 Kategori.

Terdapat 4 kategori untuk mempermudah kita memillih dan menjual Lenovo Smartphone.

Kategori “A” atau  “Affordable” -- Harga Terjangkau

Lenovo tipe A60+ adalah smartphone dengan harga paling terjangkau dari seluruh tipe-tipe yang ada saat ini. Walaupun tipe ini harganya murah, tetapi memiliki hardware dan software yang terbaik di kelasnya. Bayangkan saja, A60+ memiliki: - Dual Sim GSM/GSM
- 1.0 Ghz Processor
- 3.5” Screen Display
- Android 2.3 Gingerbread
- 1500 mAh battery capacity - RAM 256 dengan kapasita SD hingga 32 GB - Kamera belakang 2MP


Kategori “S” atau “Stylish” – Mengikuti Mode dan Trend. Terdapat 2 tipe smartphone dalam kategori S.

Lenovo tipe S560 adalah Smartphone Musik yang memiliki keunggulan suara jernih dan performa speaker untuk mendukung suasana musik sekelas Hi-Fi melalui perangkat telepon selular. Tipe S560 dilengkapi dengan teknologi SmartSound memakai Dolby Digital Plus Technology dan keunggulan SmartPower yang mengoptimasi pemakaian battery hingga memainkan 50 jam music non-stop. Lenovo S560 dapat disetarakan sebagai pengganti pemutar MP3 dan speaker.  Tidak perlu lagi 3 devices (telepon, mp3 player, speaker)  kalau sudah dapat digantikan dengan 1 smartphone all-in-one dengan kemampuan yang sama. Detail spesifikasi dari tipe ini adalah sebagai berikut - Dual Sim GSM/GSM - Dual Core 1.0 Ghz Processor - 4.0” Screen IPS Display  (IPS adalah teknologi terbaru dalam kejernihan layar LCD) - Android 4.0 Ice Cream Sandwich - Music with Digital Dolby Plus Technology - 2000 mAh battery capacity - up to 50 hours music playback duration - RAM 512 dengan tambahan ROM 4GB dan kapasitas SD hingga 32 GB - Kamera belakang 5MP dan depan 0.3MP

Lenovo tipe S880 adalah Smartphone yang tentu sudah banyak dikenal, karena sudah dipasarkan sejak bulan lalu dan mendapat response yang besar di market. Keunggulan terbesar dari produk ini adalah layar lebar 5” yang mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas browsing, gaming, reading atau sekedar bersosialisasi melalui facebook, whatsapp dan lainnya. Selain dari pada itu S880 juga memiliki dual-sim standby dengan kapasitas battery yang besar untuk menunjang aktivitas bersocial media. Detail spesifikasi dapat dilihat seperti dibawah ini. - Dual Sim GSM/GSM - 1.0 Ghz Processor - 5.0” Screen IPS Display  - Android 4.0 Ice Cream Sandwich - Slim design only 9.9mm thickness - Kamera belakang 5MP dan depan 2MP - 2250 mAh battery capacity - RAM 512 dengan kapasitas SD hingga 32 GB


Kategori “P” atau “Professional” – Seri business

Lenovo tipe P700i adalah seri professional smartphone yang menunjang aktivitas kegiatan kantor ataupun diluar kantor. Hal yang paling menonjol dalam seri P700i adalah kapasitas battery yang sangat besar yaitu 2500mAh, yang secara teori battery sebesar itu dapat menunjang aktivitas telepon (atau talk-time) selama 28 jam non-stop dan kondisi standby selama 13 hari. Tentunya tidak hanya battery, tetapi juga dillengkapi dengan software yang menunjang seperti SmartEnergy yang mengatur penggunaan daya battery hingga titik yang paling effiesien dan aplikasi Android ICS 4.0 sebagai Operating System nya.  - Dual Sim GSM/GSM - Dual Core 1.0 Ghz Processor - 4.0” Screen IPS Display  - Android 4.0 Ice Cream Sandwich - 2500 mAh battery capacity - RAM 512 dengan kapasitas SD hingga 32 GB - Kamera belakang 5MP dan depan 0.3MP


Kategori “K” atau “GeeK” – Seri untuk pencita High-Spec Hardware

Lenovo tipe K860 adalah seri premium dengan spesifikasi paling tinggi disemua smartphone Lenovo. Semua yang dibenamkan di device ini adalah yang terbaik di kelasnya. Tentunya dengan tetap memaintain harga yang tetap aggressive.
- Quad Core 1.4 Ghz Processor - High Resolution 5.0” Screen IPS Display  - Android 4.0 Ice Cream Sandwich - High Recreational experience system - Capacitive experience with 4 points multi-touch - 2250 mAh battery capacity - RAM 1GB + Memory 8 GB dan kapasitas SD hingga 32 GB
- Kamera belakang 8MP, kamera depan 2MP


Perkembangan Pasar Lenovo di Indonesia

Selang berlangsungnya Kampanye Do Network yang diselenggarakan oleh Lenovo, kali ini kehadiran Lenovo menginformasikan jajaran notebook di tahun 2012 dan perkembangan pasarnya di Indonesia (28/2).

Sandy Lumy selaku President Director Lenovo Indonesia membuka acara dengan menginformasikan pertumbuhan serta keberadaan Lenovo yang saat ini menempati posisi 2, hanya selisih 2 persen dengan posisi pertamanya. Lenovo tercatat sebagai PC vendor tercepat dari vendor-vendor lainnya dengan tumbuh sebanyak 14 persen.

Emerging market share sebesar 26,7 persen dari total market share, dan pertumbuhan Lenovo per kuarter sebanyak 2 persen. Di Indonesia, Lenovo tumbuh sebanyak 10 persen, di market sebanyak 9 persen, sehingga 2 kali lebih cepat per kuarternya.

Lenovo tetap berkomitment di industri PC dengan menghadirkan sederetan produk terbarunya di ajang CES pada awal tahun ini, seperti kehadiran Lenovo ThinkPad X1 Hybrid yang sudah ada di kantor Lenovo, Wisma BNI 46, Jakarta, walaupun belum secara resmi produk ini diluncurkan karena masih dalam tahap sertifikasi dan pengujian. Sementara pada divisi Mobile Internet and Digital Home Business (MIDH), Lenovo akan menghadirkan jajaran ponsel Android.

CHIP mendapat kesempatan untuk melakukan preview cepat pada Lenovo ThinkPad X1 Hybrid hadir dengan dual-boot, dimana booting dengan OS Linux yang ringan mampu menghadirkan ketahanan hingga 10 jam penggunaan, baik untuk multimedia ataupun aktivitas email serta browsing dengan baterai hanya 3-4 cell. Bobot pada Lenovo ThinkPad X1 Hybrid juga tergolong ringan hanya sekitar 1,27 Kg dengan layar 13 inci. CHIP mencoba mengangkatnya, dan merasakan keringanannya, terbilang kokoh dan padat, serta bentuknya cukup tipis sekitar 1,5 cm di sektor depan. Diinformasikan juga bahwa Lenovo ThinkPad X1 Hybrid mampu mengisi baterai 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Sandy juga menginformasikan akan keberadaan Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang telah diluncurkan pada awal Desember 2011, telah mengalami kehabisan stok. Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang hanya hadir dengan warna abu-abu dipasar Indonesia telah habis dengan stok awal sebanyak 140 unit, yang tentunya ultrabook pertama Lenovo ini mendapat respon positif di masyarakat. Harga yang terbilang premium rupanya berbanding lurus dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang tetap mengutamakan bobot yang ringan, dan bentuk ramping, serta ketahanan baterai selama 30 hari kondisi standby.

Sementara pada pasar SMB, kehadiran ThinkCentre Edge 71z yang diminati pasar karena faktor penghematan ruang, minim konsumsi listrik serta berbagai fitur menarik yang dikemas menjadi satu kesatuan. Kebutuhan pasar SMB pada produk ini memberikan kemudahan para UKM yang tidak memiliki IT Manager, sehingga pengaturan dapat dilakukan dengan mudah oleh bisnis owner sendiri.

Sandy juga menginformasikan akan kehadiran U300E yang merupakan bentuk lain dari U300s, dimana U300E menggunakan harddisk standard, namun mampu menekan harga produk dibawah $1000. Untuk pasar yang menginginkan kehadiran slot optical drive, Lenovo juga menghadirkan U400 dengan pilihan prosesor Intel i5 atau i7 dengan performa tinggi sesuai kebutuhan pengguna.

Pada sektor tablet, keberadaan IdeaPad Tablet K1 juga rupanya diminati pasar, dimana stok awal sebanyak 1000 unit telah habis dipasar Indonesia sejak kehadirannya di Indocomtech 2011. Untuk ThinkPad Tablet, sudah habis sebanyak 900 unit. Kedepannya, Lenovo juga akan menghadirkan tablet berukuran 7 dan 10 inci yang memberikan pilihan kebutuhan kepada pengguna.

ref: http://www.chip.co.id/news/general/1872/perkembangan_pasar_lenovo_di_indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar