Senin, 29 Juni 2015

TUGAS TERAKHIR DI SEMESTER AKHIR

SOFTSKILL

Softskill dan hardskill adalah sebuah kemampuan yang sangat penting bagi seseorang. Dengan memiliki softskill dan hardskill yang berjalan beriringan kita dapat menjadi manusia yang berkualitas. Hardskill adalah bakat atau kemampuan yang dapat dilihat sedangkan softkill bisa dibilang pengendalian diri terhadap suatu kepentingan yang sulit untuk dilihat namun dapat dirasakan.
Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang entah akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau keluar dari zona nyaman sebagai mahasiswa dan mulai menjadi seorang pegawai atau pengusaha atau mungkin menjalankan keduanya. Intinya apapun pilihan yang akan diambil semua membutuhkan hardskill dan softskill.
Pendidikan formal selama ini kebanyakan lebih mengajarkan untuk hardskill sedangkan untuk softskill bisa dibilang kurang diajarkan. Namun, pada Universitas Gunadarma softskill diajarkan dari semester satu sampai semester delapan yang bertujuan agar semua lulusan Univeritas Gunadarma dapat lulus dengan memiliki hardskill dan softskill.
Softskill merupakan matakuliah tersendiri yang memiliki bobot 1 – 2 sks per semester. Berikut ini adalah nama matakuliah softskill yang wajib diambil oleh para mahasiswa Universitas Gunadarma :
1.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) yang diberikan pada semester 1.
2.      Ilmu Budaya Dasar (IBD) yang diberikan pada semester 2.
3.      Teori Organisasi Umum yang diberikan pada semester 3.
4.      Teori Organisasi Umum 2 yang diberikan pada semester 4.
5.      Bahasa Indonesia 1 yang diberikan pada semester 5.
6.      Bahasa Indonesia 2 yang diberikan pada semester 6.
7.      Pengantar Telematika yang diberikan pada semester 7.
8.      Etika & Profesionalisme TSI yang diberikan pada semester 8.
Dari kedelapan matakuliah softskill yang diberikan saya lebih tertarik dengan matakuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Alasan saya menyukai dua matakuliah softskill tersebut karena saya suka berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan banyak orang.
Sejak pertama kali saya menginjakkan kaki saya di Gunadarma, saya merasa kalau ini universitas pilihan saya yang terakhir. Sebelumnya saya sudah mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri, namun semuanya tidak ada yang berhasil, saya pun terpaksa mencari universitas cadangan. Kebetulan teman saya kuliah di Gunadarma, dan menyarankan kepada saya untuk mencoba daftar di Gunadarma, dan...yaaa, saya merasa inilah universitas pilihan terakhir saya walaupun sedikit terpaksa, namun untungnya orang tua saya selalu mendukung apa yang saya pilih, dan akhirnya saya pun memilih Gunadarma.
Setelah saya memilih Gunadarma, saya sempat bingung harus memilih jurusan apa, kebetulan saya lulusan SMK jurusan Teknik Audio Video. Awalnya saya ingin memilih jurusan Teknik Elektro, tapi saya merasa bosan kalau harus mempelajari lagi pelajaran yang pernah saya pelajari dari tingkat SMK. Akhirnya setelah meminta pendapat kepada orang orang terdekat, saya pun menjatuhkan pilihannya untuk mengambil jurusan sistem informasi. Alasan saya memilih sistem informasi karena saya ingin mengejar cita cita saya menjadi programer yang handal dan bekerja diperusahaan IT terkenal, menciptakan inovasi dibidang IT dan programer, karena menurut saya ini pekerjaan yang keren dan semua orang belum tentu bisa menjadi programer yang handal. yaa saya bisa bayangkan berapa besar bayaran seorang programer dan ahli IT itu cukup besar, yaa seminimal minimalnya 5 juta perbulan. Belum lagi ditambah projek projek diluar perusahaan yang bisa menjamin kehidupan kita dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar